Cina Memiliki Super Komputer Tercepat di Dunia

22:57
Super Komputer ini juga didukung oleh Chip yang diproduksi lokal, Amerika Serikat dalam kesulitan

AS mungkin memiliki produsen komputer desktop dan laptop yang terbaik, namun China hanya mengambil alih pasar superkomputer, dengan super komputer tercepat, didukung oleh chip yang dibuat secara lokal. dan interasi sebelumnya yang didukung oleh semi konduktor impor, yang sebagian besar dari Amerika Serikat, dilaporkan Bloomberg.

Ini bukan pertama kalinya sebuah superkomputer China telah memenangkan gelar komputer tercepat di dunia. Namun, apa yang luar biasa adalah bahwa ia bekerja pada prosesor yang diproduksi secara lokal. Dengan dua kali kekuatan dan kecepatan, The Sunway Taihu Light mengalahkan pendahulunya, Tianhe 2, juga superkomputer Cina.

The Sunway Taihu Light
Menurut organisasi penelitian Top500, superkomputer ini terletak di Wuxi, fasilitas superkomputer negara, dan host chipset SW26010, yang diproduksi oleh "Shanghai High Performance IC Design Center". Total 41000 chip, masing-masing dengan 260 core, memberikan mesin ini kemampuan untuk melakukan 93 quadrillion kalkulasi dalam detik.

Fitur dan spesifikasi mesin tidak hanya memberikan persaingan langsung ke dominasi AS di industri teknologi, terutama sejauh semi-konduktor yang bersangkutan, tetapi juga mendorong Supercomputer terbaik buatan Amerika ke posisi tiga dalam peringkat dunia. Sunway Taihulight juga cara yang lebih hemat daya dibanding pendahulunya Cina Tianhe2, yang mengkonsumsi 17,8 megawatt, sedangkan penggantinya menarik 15,3 megawatt.

University of Tennessee profesor Jack Dongarra, orang di belakang sistem peringkat untuk superkomputer di dunia, mengatakan kepada Bloomberg bahwa Supercomputer tersebut tidak didasarkan pada "arsitektur yang ada", tetapi sebaliknya, benar-benar dibangun oleh tim lokal. Penciptaan komputer ini jelas merupakan prestasi yang luar biasa bagi orang Cina, dan memiliki mereka memimpin industri teknologi, dan akhirnya memberi mereka kesempatan untuk berhenti mengandalkan produsen chip asing. Setelah mereka melakukannya, mereka akan memiliki kesempatan untuk bekerja untuk membangun semi konduktor lokal di China, yang pada akhirnya akan juga menghentikan mereka mengandalkan teknologi diciptakan untuk keamanan dan pertahanan.


Dalam beberapa tahun terakhir, China telah penuh semangat berinvestasi dalam produksi superkomputer dan chip high-end. pemerintah secara aktif mendukung inisiatif ini, dan pada kenyataannya, TaihuLight didanai oleh otoritas.Keadaan menunjukkan bahwa Cina bertekad untuk membunuh ketergantungan pada negara-negara lain, dan untuk melampaui saingan. Sunway Taihu light bukan satu-satunya prestasi dalam bidang ini untuk negara tahun ini, karena publikasi melaporkan bahwa sekarang memiliki 167 sistem, sedangkan yang sama untuk AS berdiri di 165.

Setelah industri lokal sepenuhnya mapan, China tidak hanya akan melayani pasar asli, tetapi juga mengambil supremasi AS dalam industri ini, mana yang terakhir menegaskan melalui perusahaan-perusahaan besar, termasuk Intel dan IBM. Mengingat jumlah penduduk China, dan akses ke tenaga kerja murah, akan memungkinkan untuk dengan mudah memasok pasar luar negeri. China sudah katering untuk industri selain sektor teknologi di seluruh dunia, yang berarti menjangkau pasar dan menyebarkan semikonduktor di negara-negara ini tidak akan menjadi masalah. Memimpin AS di pasar semikonduktor tampaknya berada dalam masalah serius.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »